Site icon

5 Alasan Kenapa Al Quran Bahasa Arab? Pahami Penjelasannya Sekarang

Kenapa-Al-Quran-Bahasa-Arab

Penasaran bukan, kenapa al quran bahasa arab dari awal hingga akhirnya? Untuk menjawab rasa ingin tahu tersebut, simak berikut penjelasannya.

Banyak orang awam yang bertanya-tanya kenapa Al Quran bahasa Arab dan bukan bahasa lainnya saja. Jika dilihat dari sejarah turunnya, kitab tersebut turun di Arab. Namun, bukan berarti tidak ada alasan dibaliknya.

Menjadi kitab suci terakhir yang diturunkan kepada Nabi Muhammad, Al Quran adalah pedoman hidup untuk seluruh umat. Pemilihan bahasa ini mempunyai signifikasi penting dalam penyampaian firman Allah. Isinya menjadi lebih padat, jelas dan tentunya mendalam.

Alasan Kenapa Al Quran Bahasa Arab

Terdapat beberapa alasan yang membuktikan bahwa bahasa Arab adalah bahasa paling tepat yang digunakan. Namun, tidak semua orang tahu sehingga banyak kebingungan. Berikut daftar alasan mengapa bahasa tersebut digunakan, yaitu:

Merupakan salah satu bahasa yang dikenal kaya akan kosa kata, makna dan struktur kalimat. Banyak terdapat sinonim, memungkinkan manusia mudah untuk mengekspresikannya. Pasalnya konsep atau makna yang ada di dalamnya mendetail.

Selain itu, struktur dari bahasa yang satu ini sangat logis dan teratur. Membuat siapa pun bisa dengan mudah untuk memahami penjelasannya. Berkat hal itulah setiap pesan bisa tersampaikan dan dipahami dengan jelas.

Turun di tengah-tengah masyarakat Arab yang mahir berbahasa di bidang sastra dan puisi. Menjadi keuntungan tersendiri saat Al Quran diturunkan. Pasalnya setiap masyarakat sudah mampu memahami bahasa dan makna dari setiap pesan.

Dalam kitab tersebut sering kali menantang orang Rab untuk menyamai keindahan dan uniknya bahasa. Berdasarkan tantangan tersebut, bisa digaris bawahi bahwa adanya kekuatan sastra Al Quran. Dilengkapi dengan adanya penegasan bahwa kitab tersebut adalah mukjizat dari Allah.

Pertama kali diturunkan di Arab, pesan-pesan yang terdapat di dalamnya bersifat universal atau umum. Berlaku untuk semua umat manusia yang ada. Jadi bukan hanya untuk masyarakat Arab saja.

Pemilihan bahasa tersebut karena dianggap komprehensif dan abadi, relevan untuk setiap masa. Meski diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, artinya tetap sama dan tidak berubah. Hal dikarenakan kesulitan transfer bahasa Arab ke bahasa lain sehingga kemurnian pesannya tetap terjaga.

Bukti bahwa Al Quran sudah Allah jaga dan lindungi kemurniannya hingga hari kiamat nanti. Jika dibandingkan dengan kitab sebelumnya. Sekarang ini sulit untuk menemukan kitab yang benar-benar asli belum diubah oleh manusia.

Memiliki bahasa dan irama yang unik, membuatnya terdengar sangat harmoni. Terlebih lagi, Al-Quran ditulis dengan gaya dan bahasa yang tinggi. Dirancang agar mudah untuk dihafalkan.

Struktur dari ayat yang terdapat dalam kitab ini, memudahkan mereka untuk melantunkannya. Apalagi saat membacanya dalam sholat atau keadaan beribadah. Membuat pengalaman spiritual pun akan semakin dalam.

Pemakaian bahasa Arab yang klasik adalah keistimewaan tersendiri. Terlebih lagi bahasanya yang selalu konsisten dan tidak lekang oleh waktu. Meski bahasa Arab sendiri di keseharian mengalami banyak perubahan.

Termasuk dialek dan kosa kata, tetapi Arab klasik tidak berubah. Sampai saat ini tetap dipelajari dan digunakan dalam konteks agama serta ilmu pengetahuan. Membuat setiap pesan selalu terjaga kemurniannya.

Umat Islam yang ada di seluruh dunia, bahkan dapat memahami bahasa tersebut tanpa adanya distorsi. Bahasa mudahnya adalah evolusi bahasa yang selalu berubah sesuai zaman. Namun, Arab adalah bahasa ideal yang sifatnya kekal atau abadi. Kalian juga bisa mnendapatkan informasi yang lebih detail tentang Islam dengan mengunjungi situs https://pemudahijrah.com/ ya.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa alasan kenapa Al Quran bahasa Arab digunakan. Terjawab sudah bukan rasa penasaran tentang penggunaanya. Jika dipahami dengan baik, semuanya logis dan memang benar adanya.

Exit mobile version