Perbedaan nomor atom dan nomor massa ini termasuk dua konsep dasar dalam ilmu kimia, simak selengkapnya!

Perbedaan nomor atom dan nomor massa ini termasuk dua konsep dasar dalam ilmu kimia. Jadi nomor-nomor ini memang sangat berguna untuk bisa memahami berbagai macam struktur atom.

Jadi walaupun kedua nomor ini saling berkaitan dengan berbagai macam bentuk atom. Namun, dipastikan mempunyai definisi serta peran berbeda. 

Beberapa Perbedaan Nomor Atom dan Nomor Massa

Pada dasarnya, ada banyak sekali perbedaan nomor atom dan nomor massa yang perlu kita pahami secara menyeluruh. Berikut ini sudah ada penjelasan lengkapnya yang perlu dipahami:

1. Nomor Atom

Dalam Inggris, atom ini sebenarnya sangat dikenal dengan nama atomic number. Hal ini tentunya termasuk ke dalam proton yang terletak tepat dalam inti atom unsur. 

Proton ini juga masih ke dalam anggota partikel. Di mana partikel ini nantinya bermuatan positif pada inti atom. Bahkan, jika dilihat dari jumlahnya dapat dilihat dari jenis unsur tersebut. 

Sedangkan, pada unsur di bagian tabel periodik bisa diketahui mempunyai nomor cukup unik. Artinya, jumlah dari proton pada inti atom memang berbeda dengan unsur lainnya. 

Bahkan, atom ini hanya dilambangkan dalam bentuk huruf “Z.” Sementara itu, atom pada hidrogennya hanya dilambangkan angka 1 saja.

Artinya, atom hidrogen tersebut sudah mempunyai 1 proton di dalam intinya. Sementara itu, untuk atom pada oksigen sekitar 8. Artinya, oksigen sudah mempunyai 8 proton.

2. Nomor Massa

Sedangkan bahasa Inggris dari nomor massa lebih adalah mass number. Ini sebenarnya tergolong sebagai jumlah dari total proton di dalam inti dari atom dan neutron pada inti atom tersebut. 

Neutron ini sendiri termasuk ke dalam partikel. Di mana nantinya neutron ini tidak lagi bermuatan pada inti atom. Bahkan, massa tersebut hanya bisa dilambangkan huruf A saja.

Sedangkan, untuk massa satu ini sebenarnya tidak akan mencakup proton. Dapat kita contohkan jika suatu atom karbon mempunyai 6 proton serta 6 neutron.

Maka nantinya massa hanya bisa didapatkan sekitar 12. Sementara itu, apabila atom karbon ini hanya ada 6 proton sementara itu 7 neutron, maka nomor massanya hanya berjumlah sekitar 13. 

3. Perbedaan Lainnya 

Perbedaan nomor atom dan nomor massa lainnya juga sebenarnya harus bisa dipahami dengan jelas. Berikut ini sudah ada penjelasannya:

  • Jumlah dari Proton dan Neutron

Perbedaan pertama, atom ini nantinya hanya dapat langsung menjumlahkan proton saja. Sedangkan, massa ini nantinya dapat menghitung jumlah dari total neutron dan proton.

  • Penentu Identitas Unsur   

Atom ini nantinya juga secara langsung bisa langsung menentukan identitas suatu unsur. Setiap unsur ini juga telah mempunyai atom unik.

Hal tersebut artinya apabila atom berubah, maka nantinya unsur tersebut juga ikut berubah. Namun sebaliknya, apabila nomor massa hanya mempengaruhi massa atom serta isotop. Nantinya, tidak akan dapat mengubah identitas suatu unsur.

  • Konstanta vs. Variabel

Atom dalam unsur nantinya juga akan selalu tetap. Contohnya saja, seluruh atom dari oksigen yang mempunyai angka 8.

Hal tersebut artinya atom itu juga mempunyai 8 proton. Namun, nomor massa tersebut juga akan terlihat bervariasi. 

Sebab, dari unsur yang sama sudah mempunyai pula jumlah neutron berbeda. Hal inilah yang nantinya menjadi salah satu penyebab adanya isotop dengan nomor massa berbeda.

Kesimpulan 

Secara umum, perbedaan nomor atom dan nomor massa menggambarkan sifat dari unsur atau atom. Nomor atom ini tentunya berhubungan erat dengan sifat kimia atom atau identitas. Sedangkan, massa nantinya akan berkaitan dengan atom serta hadirnya isotop.

You May Also Like

More From Author