smpn1jtb.sch.id – Yuk pahami setiap nama nama jurus karate yang dipelajari sehingga paham bagaimana nanti menggunakannya.

Pengenalan terhadap nama nama jurus karate pasti sudah diajarkan pada materi awal. Ilmu yang satu ini menjadi dasar pemahaman yang penting untuk diketahui oleh mereka yang suka dengan bela diri. Tidak hanya sebagai pelindung untuk diri sendiri.

Namun dengan mengetahui dan mempelajarinya bisa juga melindungi orang banyak. Meski ada beberapa tahapan dan pembelajaran yang harus dilalui untuk menguasainya. Berikut daftar nama jurus yang bisa coba dipelajari.

  1. Shuto Uchi

Nama nama jurus karate cukup variatif dan beragam, salah satunya ada Shuto Uchi, biasa disebut tebasan pisau yang mengandalkan tangan. Posisikan tangan dengan menekuknya akan tetapi biarkan jari-jari tetap lurus dan rapat. Baru setelah itu layangkan pada lawan seperti menebas.

Kamu bisa melayangkannya pada bagian leher, pergelangan tangan bahkan pelipis lawan. Ingat selalu bagaiman gerakan saat akan memotong sesuatu. Penekanan dari teknik ini ada pada kontrol dari kekuatan yang kita miliki.

  1. Uchi Uke

Menjadi salah satu jurus andalan untuk menangkis lawan. Baik yang datang dari sisi luar atau dalam tubuh. Siapa pun yang tertarik bisa mempelajarinya karena sangat dibutuhkan saat dalam keadaan darurat.

Cukup dengan mengayunkan tangan dari arah luar tubuh ke bagian dalam. Selanjutnya lakukan tangkisan dan arahkan pada wajah lawan. Pada bagian lengan yang tidak digunakan, posisikan di belakang badan sebagai penyeimbang tubuh.

  1. Yoko Geri

Kaki mempunyai kekuatan tersendiri yang sangat bagus untuk memberikan perlawanan atau serangan. Dalam teknik yang satu ini tendangan di arahkan pada bagian samping. Dengan memutar badan dan mengangkat sedikit kaki.

Lanjutkan dengan melakukan serangan, memakai tumit kaki. Jurus ini biasanya sering dimanfaatkan untuk penyerang bagian tubuh lawan dalam gerakan yang lebih luas. Kamu bisa langsung meningkatkan eksekusi ke berbagai arah.

  1. Mae Geri

Bagi pemula yang baru belajar karate, jurus yang satu ini adalah dasar. Apabila belum bisa menerapkannya dengan baik, maka pergantian sabuknya pun dipertimbangkan. Pasalnya setiap latihan, teknik ini selalu diajarkan terlebih dahulu.

Merupakan sebuah tendangan lurus ke depan. Ketika melakukannya, fokus terpenting yaitu saat mengangkat lutut setinggi-tingginya. Selanjutnya memposisikan kaki lurus agar bisa menyerang lawan dengan telapak kaki. 

Kamu bisa mengarahkan tendangan ini pada beberapa bagian tubuh lawan yang dianggap vital. Contohnya melayangkan tendangan pada perut, waja atau dada. Berikan tenaga yang kuat di dalamnya hingga lawan menyerah.

Meski terlihat mudah, akan tetapi banyak di antara pemula yang gagal. Apalagi ketika melayangkan tendangan tinggi dengan sasaran wajah. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya keseimbangan tubuh.

  1. Gedan Barai

Menghentikan serangan lawan termasuk ke dalam teknik penting dalam bela diri. Jangan sampai kamu membiarkan lawan menyerang dalam waktu lama. Jika kamu mendapatkan serangan, langsung gunakan jurus gedan Barai.

Salah satu gerakan yang dapat menghentikan atau melakukan blok bawah pada lawan. Kamu bisa melakukannya secara diagonal pada bagian area tubuh bagian bawah. Manfaat dari mempelajari gerakan yang satu ini sangat banyak, di antaranya sebagai penangkis dan pertahanan tubuh.

  1. Age Uke

Terakhir, ada jurus blok atas atau yang sering disebut dengan age uke. Gerakan terbaik untuk melakukan tendangan tinggi serta pukulan. Membuat tubuh tetap aman dari berbagai serangan yang dilemparkan lawan.

Kesimpulan

Jadi, itulah pembahasan terkait nama-nama jurus karate yang perlu diketahui. Semuanya mempunyai fungsinya sendiri dalam serangan atau bertahan. Sewaktu-waktu beberapa jurus yang sudah dipelajari akan dibutuhkan di masa depan.

You May Also Like

More From Author