smpn1jtb.sch.id – Salah satu olahraga yang sangat mudah dilakukan ialah lari. Meskipun begitu, terdapat segudang khasiat yang bisa didapatkan oleh tubuh. 

Lari merupakan olahraga yang dapat dikerjakan dengan sangat mudah. Terlebih mengerjakannya pada hari masih pagi, di mana udara masih sangat segar dan sejuk. Tentu terdapat banyak fungsi lari pagi yang tidak hanya menjaga kebugaran tubuh saja.

Lari juga menjadi suatu olahraga ringan yang dapat dikerjakan oleh siapa saja. Ada berbagai manfaat atau fungsi dari olahraga ini untuk kesehatan. Beberapa fungsi yang dimaksudkan di sini ialah 

Berat Badan Bisa Turun 

Manfaat pertama ialah dapat membuat turunnya berat badan. Di samping itu, berat badan pun dapat dikontrol dengan baik. Hal tersebut bisa terjadi karena lemak dan kalori dapat dibakar selama proses berlari. 

Fungsi lari pagi tersebut sangatlah bagus bagi siapa saja yang memang sedang menjalankan proses penurunan berat badan. Adapun total kalori yang dapat dibakar biasa dipengaruhi oleh waktu berlari, bagaimana ukuran tubuh, sampai dengan kecepatannya. Hanya saja, umumnya lari dengan waktu kurang lebih 30 menit bisa melakukan pembakaran kalori sebanyak 670. 

Tidur Menjadi Sangat Nyenyak 

Lari di pagi hari secara rutin pun dapat berpengaruh terhadap nyenyak atau tidaknya tidur. Saat melakukan olahraga ini secara teratur, maka badan pun dapat lebih cepat mengantuk. Alhasil, saat malam tiba akan mudah tertidur. 

Dalam hasil sebuah penelitian, didapat bahwa seseorang yang sering melakukan lari pagi dalam waktu 3 minggu sebanyak 5 kali beruntun selama kurang lebih 30 menit maka dapat membuat kualitas tidur menjadi meningkat. Hal ini sangatlah baik bagi siapapun yang sedang mengalami insomnia. 

Kekuatan Tulang Terjaga 

Fungsi lari pagi selanjutnya ialah bisa membuat tulang menjadi terjaga dan lebih kuat. Harus diketahui bahwa ketika lari pagi hari, sinar matahari dapat memapari tubuh. Nah, sinar dari matahari tersebut sangatlah penting untuk bisa merangsang proses produksi dari vitamin D secara alami di dalam badan.  

Vitamin tersebut berperan penting pada proses penyerapan kalsium dalam tulang. Kalsium tersebut sangatlah penting untuk dapat menjaga kesehatan juga kekuatan tulang. Alhasil, ketika sering mengerjakannya maka kekuatan dari tulang pun akan lebih terjaga. 

Stamina Akan Lebih Terjaga  

Ketika hari yang dilalui dimulai dengan berlari, maka stamina akan terjaga dan membuat tubuh tetap prima sepanjang harinya. Bahkan ternyata, apabila teratur dalam mengerjakannya, maka bisa membuat konsentrasi meningkat selama melakukan aktivitas di siang harinya. 

Dengan fungsi lari pagi tersebut, maka dapat bekerja dengan lebih efektif dan produktif. Hanya saja memang harus tetap didukung dengan mengonsumsi makan atau sarapan ketika sudah selesai olahraga dan tetap ada istirahat atau jeda di tengah kesibukan yang melanda. 

Kekuatan Otot Tetap Terjaga 

Saat teratur melakukan lari pada pagi hari, maka bisa membuat kekuatan otot menjadi terjaga. Terlebih untuk bagian tungkainya. Hanya saja, fungsi satu ini bisa didapatkan apabila melakukan lari dengan durasi singkat dan intensitas yang sangat tinggi. 

Biasanya, jenis lari yang dilakukan ialah sprint. Namun, akan lebih baik jika memang mengkombinasikannya dengan jalan atau lari pelan. Kombinasi ini akan sangat baik bagi kekuatan dari otot. 

Mampu Mengubah Suasana Hati atau Mood  

Fungsi lari pagi yang terakhir ialah dapat mempengaruhi sampai mengubah mood menjadi sangat baik. Penyebabnya sendii ialah ketika berolahraga, maka ada senyawa yang dikeluarkan oleh tubuh. Seperti serotin, endorfin, juga dopamin. Semua senyawa tersebut dapat membantu untuk mengubah mood atau suasana hati. 

Kesimpulan

Demikianlah berbagai fungsi lari pagi yang harus diketahui. Kegiatan ini memang menghasilkan khasiat penting untuk tubuh. Selain memang demi kebugaran, ternyata bisa mempengaruhi stamina, bahkan suasana hati orang yang melakukannya.

You May Also Like

More From Author